Definisi e-Commerce
Esprit dalam artikelnya yang berjudul Acts Project Related to Electronic Commerce sebagai sebuah konsep umum yang mencakup keseluruhan bentuk transakti bisnis atau pertukaran informasi yang dilaksanakan dengan memanfaatkan/menggunakan teknologi infomasi dan komunikasi. Sementara itu, Whitely dalam bukunya yang berjudul e-Commerce: Strategy, Technologies, and Applications menawarkan definisi e-commerce sebagai berikut:
"Formulating commercial transactions at a site remote from trading partner and then using electronic communications to execute that transaction".
Definisi e-Commerce yang lain yang dapat ditemukan dalam Website Uni Eropa yaitu sebagai berikut:
" E-commerce merupakan sebuah konsep umum yang mencakup keseluruhan bentuk transaksi bisnis atau pertukaran informasi yang dilaksanakan dengan menggunakan atau memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi, yang terjadi antara perusahaan dengan konsumennya, atau antara perusahaan dengan lembaga administrasi publik. E-commerce atau e-Commerce ini juga mencakup perdagangan barang-barang dan jasa serta pertukaran materi-materi elektronik yang dilaksanakan secara elektronik."
Sementara itu dalam tulisannya yang berjudul Electronic Commece: Structures and Issues, Zwass mendefinisikan e-Commerce sebagai:
"Penyebarluasan informasi-informasi bisnis, pemeliharaan hubungan-hubungan bisnis, dan pelaksanaan transaksi-transaksi bisnis dengan menggunakan sarana-sarana jaringan telekomunikasi".
Kalakota dan Winston kemudian merangkum pandangan mereka dengan mendefinisikan e-commerce sebagai :" suatu metodologi bisnis modern yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan, pedagang dan konsumen untuk menurunkan biaya-biaya dan sekaligus pada saat yang sama juga meningkatkan kecepatan pelayanan. Istilah e-commerce juga dapat digunakan untuk menunjuk pada penggunaan jaringan-jaringan komputer untuk mencari dan menggali informasi yang dapat menunjang proses pembuatan keputusan oleh individu dan perusahaan."
"Formulating commercial transactions at a site remote from trading partner and then using electronic communications to execute that transaction".
Definisi e-Commerce yang lain yang dapat ditemukan dalam Website Uni Eropa yaitu sebagai berikut:
" E-commerce merupakan sebuah konsep umum yang mencakup keseluruhan bentuk transaksi bisnis atau pertukaran informasi yang dilaksanakan dengan menggunakan atau memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi, yang terjadi antara perusahaan dengan konsumennya, atau antara perusahaan dengan lembaga administrasi publik. E-commerce atau e-Commerce ini juga mencakup perdagangan barang-barang dan jasa serta pertukaran materi-materi elektronik yang dilaksanakan secara elektronik."
Sementara itu dalam tulisannya yang berjudul Electronic Commece: Structures and Issues, Zwass mendefinisikan e-Commerce sebagai:
"Penyebarluasan informasi-informasi bisnis, pemeliharaan hubungan-hubungan bisnis, dan pelaksanaan transaksi-transaksi bisnis dengan menggunakan sarana-sarana jaringan telekomunikasi".
Kalakota dan Winston kemudian merangkum pandangan mereka dengan mendefinisikan e-commerce sebagai :" suatu metodologi bisnis modern yang dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan, pedagang dan konsumen untuk menurunkan biaya-biaya dan sekaligus pada saat yang sama juga meningkatkan kecepatan pelayanan. Istilah e-commerce juga dapat digunakan untuk menunjuk pada penggunaan jaringan-jaringan komputer untuk mencari dan menggali informasi yang dapat menunjang proses pembuatan keputusan oleh individu dan perusahaan."
Komentar
Posting Komentar